Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Berapa lama waktu batita (bawah 3 tahun) anda nonton tivi? Jika lebih dari empat jam sehari, berhati-hatilah karena hal tersebut akan menyebabkan anak terlambat bicara.

Hal itu diungkapkan Anna Surti Ariani SPsi MSI (psikolog anak dan keluarga) dalam seminat di Jakarta, akhir pekan lalu. 

"Hasil penelitian tentang dampak nonton acara televisi bagi anak dibawah usia tiga tahun, menyebut 14,7 kali lipat terlambat bicara bagi anak dibawah tiga tahun yang nonton tv selama 4 jam sehari," ungkap Anna di hadapan 200an kaum ibu peserta talkshow dan seminar bertajuk "Menggali Potensi Bunda di Era Digital Dalam Mendukung Generasi Maju" di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jakarta, Sabtu  (21/12/2017).

Acara perdana komunitas Mombassador dan SGM Eksplor itu menghadirkan dua narasumber lainnya yakni Ainun Chomsun, Praktisi Online dan Sefa Firdaus, photografer. 

Anna Surti Ariani menjelaskan bagaimana anak zaman sekarang lebih mementingkan gadgetnya daripada bertemu kedua orang tuanya atau keluarganya yang lain.

"Bahagia itu kalau baterai dan sinyal handphone full," kata Anna.

Dia bercerita keponakannya yang di SD kelas 5 bertemu dengannya di rumah dan panik karena gadgetnya kehabisan baterai. 

"Pernah nggak anak kalau diajak pergi nanyanya, 'Nanti di sana ada wifi-nya nggak'. Jangan sampai kebahagiaan anak itu kalau ada baterai dan sinyal di handphone-nya," ujarnya. 

Menurut Anna, jika seorang anak sudah kecanduan gadget, biasanya tingkat agresivitasnya meningkat. Terlebih lagi jika gadgetnya diambil, anak langsung emosional.

"Depresi pada anak lebih bahaya dan lebih menetap ketimbang depresi orang dewasa," sambung Anna.  

Dalam batas tertentu, main hanpdhone dan internet dibolehkansehingga anak tidak menjadikan gadget sebagai dunianya. Terlebih jika anak tanpa pengawasan menggunakan gadget, karena lebih banyak mudharatnya. 

"Sebagai orangtua 'jaman now' kita nggak boleh gaptek. Jangan sampai anak bisa buka situs tertentu dan kita nggak tahu bagaimana mengaksesnya," kata Anna. 

Dia juga menggingatkan, orang tua juga perlu tahu aktivitas anak di dunia maya dan media sosial. 

"Sekali lagi, gawai (gadget) boleh tapi gunakan secara bijaksana. Jangan berlebihan," kata Anna. 

Menurutnya, mengasah dan mengeksplore kelebihan anak sesuai minatnya. Agar anak bisa sehat jiwa dan raga, anak harus dilibatkan dalam ativitas sosial, bisa bergaul dengan teman dan bisa diajak kerjasama.  

Mengajak anak menciptakan ide-ide unik dan belajar bisa memecahkan masalah sehingga dia bisa mandiri. 

Anna menyarankan agar lebih banyak orangtua memberi anak pelukan, ajak tertawa bersama serta komunikasi yang sehat dan efektif. 

Dalam sesi kedua, Ainun Chomsun sebagai praktisi online mengajak cerdas menggunakan gadget bagi anak. 

Menurut Ainun, anak tidak perlu belajar ketrampilan di dunia digital, karena secara otomatis anak akan mahir dengan sendirinya. Etika di dunia maya berbeda dengan dunia nyata.

Social media menjadi alat yang bagus untuk mengasah kreativitas. Kita bisa mengembangkan hobi menjadi karya hebat.

Pada sesi ketiga, seminar talkshow tersebut menampilkan Sefa Firdaus yang dikenal sebagai food photographer. 

Dalam akun Instagramnya, terpampang foto-foto cantik yang digunakan Sefa hanya dengan menggunakan handphone.

Sefa memberikan beberapa bocoran agar hasil foto terlihat cantik, menurutnya, kita harus mengerti jenis handphone yang digunakan. Sekarang ini, nyaris semua handphone memberikan fitur kamera yang bagus sehingga bisa memberikan hasil foto yang baik.

Sebelum memulai foto,  harus siapkan produk yang akan digunakan. Selain itu background foto merupakan bagian yang penting. 

Bagi para bunda, background bisa digunakan banyak property, mulai dari kerudung atau jilbab, kain, dan lainnya.

Sefa menyarankan jika produk sudah bewarna, lebh baik background diberikan warna yang kalem, agar objek terlihat lebih jelas dan cantik.  

Jika ingin foto sebuah produk, misal sepatu, diberikan barang pendukung di sampingnya. Misal kaos kaki, atau keset sepatu. "Semua itukan terkait, jangan sepatu lalu di sampingnya piring. Jadi nggak nyambung," kata Sefa yang belajar photografphy ketika bermukim di Jerman. 

Bagian penting lainnya agar hasil foto cantik adalah pencahayaan. Pencahayaan bisa didapat dari alami yaitu matahari atau lampu tambahan.(imam

Last modified on Wednesday, 27 December 2017
Read 87 times
Rate this item
(0 votes)
TIS

шаблоны joomla на templete.ru